Beranda KABAR KALTIM Peringatan Detik Proklamasi di Kutim Berjalan Lancar dan Khidmat

Peringatan Detik Proklamasi di Kutim Berjalan Lancar dan Khidmat

0
Prosesi pengibaran Bendera Merah Putih oleh tim "Pasukan Merah" Paskibraka Kutim dalam upacara peringatan HUT RI ke-79 di Lapangan Kantor Bupati Kutim, Sabtu (17/8/2024)

Loading

SUARAKUTIM.COM, SANGATTA – Upacara peringatan detik-detik proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 di Kabupaten Kutai Timur, berlangsung lancar dan sangat khidmat. Bertempat di lapangan Kantor Bupati Kutai Timur, Kawasan Bukit Pelangi Sangatta, Sabtu (17/8/2024), tepat pukul 09.00 WITA, upacara peringatan kemerdekaan RI dimulai. Bertindak sebagai inspektur upacara ialah Bupati Kutai Timur, Ardiansyah Sulaiman.

Petugas pembawa baki bendera duplikat, Agneyla Citra Van Syallom saat menerima bendera duplikat dari Bupati Ardiansyah Sulaiman selaku inspektur upacara.

Tampak hadir dalam upacara tersebut, Wakil Bupati (Wabup) Kutim Kasmidi Bulang, Sekretaris Daerah (Sekda) Kutim Rizali Hadi, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kutim, Ketua DPRD Kutim Sementara Jimmi dan Wakil Ketua DPRD Kutim Sementara Sayid Anjas, beserta anggota DPRD Kutim lainnya, dan juga pejabat di lingkungan Pemkab Kutim serta tamu undangan.

Bupati Kutai Timur Ardiansyah Sulaiman, bertindak sebagai Isnpektur Upacara dalam upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan RI ke-79 di Lapangan Kantor Bupati Kutai Timur, Sabtu (17/8/2024).

Upacara dimulai dengan laporan kesiapan pelaksanaan upacara oleh Komandan Upacara, yakni Kapten (Infantri) Mardan yang saat ini menjabat sebagai Danramil Muara Ancalong, kepada inspektur upacara. Yang kemudian dilanjutkan dengan pembacaan teks Proklamasi oleh Ketua DPRD Kutim Sementara Jimmi.

Sementara itu, Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang bertugas dalam upacara pagi ini adalah “Pasukan Merah”, dengan bertindak sebagai Komandan Kompi Paskibraka, Ipda Free Hardy Saragi yang keseharian bertugas sebagai Kanit 2 Satuan Intelkam Polres Kutim. Adapun petugas pembawa baki bendera duplikat yakni Agneyla Citra Van Syallom yang merupakan siswi SMAN 2 Sangatta Utara.

Petugas pembentang yakni Fahrizal Dwi Saputra yang merupakan siswa SMKN 2 Sangatta Utara, bertindak sebagai Danpok yakni Andi Muhammad Aksan Gustamar yang merupakan siswa SMAN 1 Sangatta Utara, serta bertindak sebagai penggerek yakni Missile Yogantara Arianto yang merupakan siswa SMN 2 Sangatta Utara.

Meski sempat dibayangi gerimis, namun prosesi pengibaran bendera berlangsung lancar. Para undangan dan peserta upacara juga dihibur dengan Paduan suara yang membawakan sejumlah lagu-lagu nasional, serta ditutup dengan penampilan pamungkas dari Marching Band Waditra Prima Sangatta.(Red-SK)